HATI-HATI TERHADAP DISTORSI INFORMASI

Di era seperti ini, kita dapat memperoleh berita dari bermacam media massa dengan mudahnya. Apakah itu dari situs internet, televisi, surat kabar, radio, poster, majalah,Handphone (SMS). Juga dari media komunikasi yang sifatnya personal seperti telepon dan e-mail. Tetapi sayangnya media-media itu bisa dipergunakan untuk mengelabui masyarakat apabila dikuasai oleh orang-orang berhati jahat dengan menyebarkan berita-berita dusta, fitnah, ataupun propaganda.

Satu kebohongan yang diulang-ulang beritanya seribu kali bisa dianggap menjadi suatu “kebenaran” oleh masyarakat. Mungkin karena orang-orang sudah terbiasa dengan berita itu, atau kebanyakan orang sudah mempercayainya sehingga berita itu bisa membuat orang yang belum percaya menjadi percaya. Padahal kenyataannya tidak benar. Contohnya seperti isu akan adanya gempa, tipuan iklan, dll

Terkadang informasi yang disebarkan keseluruhannya bohong atau hanya ditambahi dengan sedikit kebohongan. Informasi itu bisa bergeser (terdistorsi) banyak atau sedikit. Banyak atau sedikit, bisa mengubah opini masyarakat. Maka dari itu kita jangan mudah terpancing. Kita perlu mengecek kebenarannya dari sumbernya langsung. Contohnya apabila ada isu akan terjadi gempa teleponlah BMG atau kantor Polisi. Sama halnya seperti yang kita alami di Medicom baru-baru ini. Tiada angin, tiada hujan, tiba-tiba ada orang yang perduli akan pendidikan Kita dimedicom dan mencoba memecah belah pihak medicom dengan orangtua mahasiswa/i medicom. Dimana seharusnya yang perduli akan hak kita untuk mengecap pendidikan itu adalah pemerintah kita. Mungkin kalau diulang-ulang berita ini hingga puluhan, hingga ratusan, masyarakat atau mahasiswa/i itu sendiri bisa langsung meyakini berita itu benar adanya. Nah, dari sekarang marilah kita menguatkan dan selalu berusaha untuk mengandalkan rasio daripada isu-isu yang sumber dan maknanya (bukan makanan natal -penulis) tidak jelas.

dikutip dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: