Pentingnya Penghargaan Diri

Mungkin Anda mengetahui tentang self-esteem atau dalam bahasa indonesia berarti penghargaan diri. Penghargaan diri berarti suatu sikap bagaimana Anda memandang diri Anda sendiri serta bagaimana Anda memperlakukan diri Anda sendiri. Penghargaan diri merupakan salah satu faktor penting yang akan menentukan kesuksesan atau kegagalan dan kebahagiaan atau ketidak-bahagiaan dalam hidup Anda karena penghargaan diri akan mempengaruhi Anda baik Anda sadari maupun tidak.

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang penghargaan diri ini, saya akan mengajak Anda untuk membaca sebuah lirik lagu yang luar biasa. Lagu ini sudah cukup lama lebih kurang 10 tahun lalu. Lagu ini memiliki makna tentang penghargaan diri. Mugkin beberapa dari Anda pernah mendengar lagu berjudul “STAY THE SAME” oleh Joey Mc. Intyre.

STAY THE SAME

Don’t you ever wish, you were someone else

You were meant to be the way you are exactly

Don’t you ever say, you don’t like the way you are

When you learn to love yourself, you better off by far

And I hope you always stay the same

Cause there’s nothing ‘bout you I would change

I think that you could be whatever you want to be

If you could realize all the dream you have inside

Don’t be afraid if you got something to say

Just open up your heart and let it show you the way

Don’t you ever wish, you were someone else

You were meant to be the way you are exactly

Don’t you ever say, you don’t like the way you are

When you learn to love yourself, you better off by far

And I hope you always stay the same

Cause there’s nothing ‘bout you I would change

Believe in yourself, reach down inside

The love you find will set you free

Believe in yourself, you will come alive

Have faith in what you do, you’ll make it through

Don’t you ever wish, you were someone else

You were meant to be the way you are exactly

Don’t you ever say, you don’t like the way you are

When you learn to love yourself, you better off by far

And I hope you always stay the same

Cause there’s nothing ‘bout you I would change

No there’s nothing ‘bout you I would change

Dibawah ini adalah arti dari lirik tersebut:

jangan pernah berharap kamu ingin menjadi orang lain.kamu ditakdirkan untuk menjadi diri Anda sendiri.jangan pernah kamu katakan bahwa kamu tidak menyukai dirimu.ketika kamu belajar mencintai dirimu, kamu akan jauh labih baik.dan saya berharap kamu selalu tetap sama.karena tidak ada yang perlu saya ubah dari dirimu. saya berpikir kamu bisa menjadi apapun yang kamu inginkan.jika kamu menyadari semua impian yang kamu miliki dalam dirimu.jangan takut jika kamu mempunyai sesuatu untuk dikatakan.bukalah hati Anda dan biarkan ia menunjukkan jalannya kepadamu. percayalah kepada dirimu, masuklah kedalam.cinta yang kamu temukan akan membebaskanmu.percayalah kepada dirimu, kamu akan hadir.

milikilah kepercayaan terhadap apa yang kamu lakukan, kamu akan bisa melakukannya.

Jadi, penghargaan diri sangat menentukan sikap kita terhadap diri kita sendiri. Kita sendiri yang menaikkan dan menurunkan penghargaan terhadap diri kita. Tanyalah kepada diri Anda apakah Anda merasa baik terhadap diri Anda, mencintai diri Anda atau sebaliknya merasa buruk dan bahkan membenci serta tidak menyukai diri Anda sendiri. Ketika Anda merasa buruk dan tidak menyukai diri Anda, bagaimana perlakuan Anda terhadap diri Anda sendiri. Ketika Anda merasa baik dan mencintai diri Anda, bagaimana sikap dan perlakuan yang Anda berikan terhadap diri Anda.

Sebagai ilustrasi coba bayangkan seseorang yang tidak Anda sukai. Kemudian tanyakan kepada diri Anda sendiri bagaimana perasaan, sikap, dan tindakan Anda terhadap orang tersebut. Pasti tidak baik bukan. Anda cenderung untuk tidak menghiraukan, tidak peduli, tidak menyukai, bersikap tidak baik, memandang rendah dan sebagainya. Tentunya Anda merasa tidak enak dan tidak nyaman bersama orang tersebut serta berharap untuk tidak bertemu dengannya. Sebaliknya bayangkan kembali seseorang yang sangat Anda sukai atau cintai, pasangan atau pacar yang Anda kasihi. Tanyakan diri Anda bagaimana perasaan Anda terhadapnya, bagaimana sikap dan perlakuan Anda terhadapnya. Pasti sangat baik bukan. Ketika Anda bersama orang yang Anda cintai, Anda cenderung bersikap sangat baik terhadapnya, menyayanginya dan memperhatikannya. Anda akan melakukan apapun untuk membahagiakannya, Anda akan melakukan dan menjadi yang terbaik untuknya. Anda tidak akan melakukan hal-hal yang membuatnya kecewa, Anda merasa nyaman dan bahagia bersamanya dan memperlakukannya seolah-olah ia adalah orang yang penting dalam hidup Anda.

Hal tersebut juga berlaku kepada diri Anda. Jika Anda tidak menyukai diri Anda sendiri, Anda akan cenderung memiliki perasaan, sikap dan perlakuan yang juga tidak baik kepada diri Anda. Ketika Anda merasa tidak nyaman terhadap diri Anda, penghargaan kepada diri Anda akan turun yang berakibat Anda akan merasa tidak bahagia, malu, depresi, frustrasi dan marah. Ketika Anda merasakan hal negatif tersebut Anda akan menjadi tidak percaya diri. Dan ketika Anda tidak percaya diri, Anda tidak akan menggunakan seluruh kemampuan dan potensi Anda yang terbaik yang berakibat tindakan Anda cenderung tidak maksimal serta tidak memiliki energi dan antusiasme. Akhirnya ketika tindakan Anda tidak maksimal, Anda bisa menebak sendiri hasil yang akan Anda dapatkan. Ketika Anda memperolah hasil yang buruk, Anda akan semakin tidak menyukai diri Anda dan penghargaan diri Anda akan semakin menurun. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi hidup Anda. Cobalah lihat disekeliling Anda orang-orang yang terjebak dalam depresi dan frustrasi dan amati bagaimana tindakan mereka serta kehidupan mereka.

Sebaliknya ketika Anda sangat mencintai diri Anda sendiri, Anda akan sangat bahagia dan nyaman kepada Anda sendiri yang membuat penghargaan diri Anda naik. Anda juga akan sangat percaya diri yang membuat Anda mengeluarkan semua kemampuan dan potensi terbaik Anda. Dengan kemampuan dan potensi Anda, tindakan Anda memiliki antusiasme yang membara dan hasil yang akan Anda peroleh akan membuat Anda merasa puas. Ketika Anda memperoleh hasil yang baik, penghargaan diri Anda akan semakin besar yang membuat Anda semakin percaya diri dan kesempatan Anda untuk meraih kesuksesan menjadi lebih besar. Inilah yang harus Anda pahami.

Kebanyakan orang mengeluh bahwa mereka tidak cukup baik, tidak cukup kaya, tidak cukup hebat, tidak cukup menarik, terlalu jelek, pendek, kurus, terlalu tua/muda, tidak berbakat, bodoh, bernasib sial, tidak pantas dan tidak mungkin sukses, tidak bisa dan seterusnya. Mereka mempunyai banyak alasan untuk tidak menyukai diri mereka. Mereka menggunakan alasan ini untuk menurunkan penghargaan diri yang selanjutnya menghambat mereka bertindak maksimal untuk meraih kesuksesan. Mereka selalu berharap mereka menjadi orang lain yang lebih baik dari diri mereka. Mereka terlalu malu dan tidak percaya akan kemampuan mereka.

Lihat kembali lirik tersebut, Anda tidak perlu menjadi orang lain untuk sukses. Jadilah yang terbaik dari diri Anda sendiri, lakukan yang terbaik, berikan kontribusi terbaik yang bisa Anda berikan kepada diri Anda. Percayalah kepada diri Anda sendiri bahwa Anda bisa menjadi apapun yang Anda inginkan tidak peduli siapa diri Anda sekarang, apakah Anda miskin, tidak berbakat, susah dan sebagainya. Anda bisa mengubah hidup Anda sekarang juga, dan percayalah Anda bisa. Banyak orang sukses dulunya adalah orang yang susah dan miskin, banyak orang yang bodoh dan tidak berpendidikan akhirnya menjadi sukses dalam hidupnya.

Mungkin Anda pernah melihat orang yang tidak mempunyai kedua tangan tetapi bisa melukis dengan sangat indah dengan mulutnya yang kadang-kadang orang normal pun tidak mampu melukis seindah itu. Lihat juga orang-orang cacat yang berprestasi dalam olahraga. Mereka semua juga mempunyai kekurangan dalam diri mereka tetapi mereka tidak membiarkan kekurangan tersebut menghambat mereka untuk meraih impian. Mereka bisa mencapai yang terbaik dalam hidup mereka karena mereka tidak memandang rendah diri mereka. Walaupun mereka banyak kelemahan, mereka membuktikan kepada dunia bahwa mereka bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa dalam hidup mereka. Prestasi mereka kadang-kadang jauh lebih hebat daripada manusia normal. Anda harus berpikir bahwa kalau mereka saja bisa menjadi yang terbaik, mengapa Anda tidak. Mengapa Anda harus menurunkan harga diri Anda. Seharusnya Anda bisa mencapai hal-hal yang jauh lebih besar dari pada mereka. Anda mempunyai kemampuan untuk meraih apapun yang Anda ingin capai. Lakukanlah yang terbaik dalam hidup Anda. Suatu hari ketika Anda sukses Anda pasti akan percaya bahwa kekurangan Anda bukan halangan bagi Anda untuk sukses. Fokuskan kepada kekuatan dan kelebihan Anda untuk menjadi yang terbaik. Hasilkanlah sesuatu yang luar biasa untuk diri Anda. Yakinlah kalau mereka bisa melakukannya, Anda pasti lebih bisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: