Rahasia Sukses Hidup

Hampir semua orang memiliki impian menjadi orang yang berhasil dalam hidupnya. Namun tidak sedikit mereka kesulitan menemukan jalan menuju impiannya. Beberapa cara dicoba mulai dari mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya sampai menggunakan cara yang “kurang masuk akal”.

Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang telah penulis kumpulkan, akhirnya penulis melihat ada 4 faktor dasar yang menentukan kesuksesan hidup seseorang. Keempat faktor tersebut adalah:
Faktor ke-1 : Keyakinan
Banyak sekali sudah diulas oleh para ahli psikologi mengenai kekuatan suatu keyakinan dalam menuntun kesuksesan hidup seseorang. Ada suatu pandangan yang menarik untuk kita simak, bahwa “Tuhan akan mengikuti prasangka hambanya”. Artinya, bahwa ketika kita sendiri tidak memiliki keyakinan akan menuju atau menjadi apa nantinya, maka Tuhan tidak akan memberikan bimbingannya kepada kita menuju ke arah yang kita inginkan. Namun, bila kita memiliki suatu tujuan yang jelas dan kita yakin akan mampu mencapainya, maka Tuhan akan memberikan bimbingannya kepada kita menuju kearah tersebut. Disisi lain hampir semua energi yang ada di dalam diri kita akan menarik energi yang sama dari luar kita menuju kearah yang kita inginkan. Dengan kata lain “Anda akan menjadi seperti yang anda pikirkan”. Itulah kekuatan suatu keyakinan.

Faktor ke-2: Kemauan
Apapun yang anda impikan atau rencanakan tanpa didukung dengan kemauan, niscaya anda tidak akan pernah berhasil mengapainya. Kemauan merupakan energi potensial yang akan mengerakkan semua potensi yang ada dalam diri anda untuk meraih apa yang anda inginkan.

Faktor ke-3: Kemampuan
Kemampuan terdiri dari kemampuan teknis maupun kemampuan non teknis. Kemampuan teknis, misalnya anda memiliki kemampuan dalam memproduksi suatu barang atau jasa. Sedangkan kemampuan non teknis bisa berupa kemampuan anda dalam mengkomunikasikan sesuatu yang anda miliki, bisa juga berupa kemampuan dalam mengelola sumberdaya yang ada di sekililing anda.

Faktor ke-4: Kesempatan
Setiap orang memiliki kesempatan yang sama, namun yang membedakan adalah bagaimana cara menilai, menyikapi dan memanfaatkannya. Bila anda sudah memiliki ke-3 faktor diatas, maka anda akan mampu untuk menciptakan kesempatan yang baik untuk mewujudkan “mimpi” anda. Selain anda mampu menciptakan kesempatan buat mewujudkan mimpi anda, bisa jadi anda akan memperoleh kesempatan yang datang dari luar diri anda. Dengan berbekal ke-3 faktor di atas, yakinlah bahwa anda akan dapat memanfaatkan kesempatan yang datang tersebut dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: