E-mail Selamat Natal ‘Berhadiah’ Trojan

<!––>Belajar Komputer

    Menjelang Natal dan Tahun Baru, biasanya orang kerap dibanjiri dengan e-mail spam alias e-mail sampah. Momen ini pun dimanfaatkan para pembuat virus untuk melancarkan aksinya.

Sebuah spam bertemakan Natal diketahui beredar sejak Senin lalu. E-mail tersebut rupanya mengangkut sebuah Trojan yang merupakan varian dari Storm Trojan. Storm Trojan sendiri merupakan trojan terbesar sejak kemunculannya pada awal Januari 2007 silam melalui pesan ber-spam.

Lebih lanjut, dikutip detikINET dari PCWorld, Selasa (25/12/2007), e-mail tersebut menyandang subyek seperti “Find Some Christmas Tail”, “Warm Up this Christmas” dan “Mrs. Clause Is Out Tonight!”.

Dalam e-mail tersebut, diselipkan sebuah link dengan nama domain Merrychristmasdude.com. Sekali meng-klik link tersebut, sang calon korban akan digiring ke sebuah situs bertemakan Natal yang dilengkapi dengan foto perempuan yang nyaris telanjang dan menawarkan download gratis sebuah program.

Menurut perusahaan keamanan F-Secure, program itu merupakan sebuah program jahat yang dijuluki Email-Worm.Win32.Zhelatin.pd, yang akan terhubung ke sebuah jaringan peer-to-peer dan akan mulai men-download banyak malware.

Pengguna diimbau untuk mengunduh antivirus yang mampu mendeteksi keberadaan Trojan ini. Beberapa vendor antivirus yang disinyalir berhasil memblokir varian terbaru dari Storm Trojan ini termasuk Kaspersky, Microsoft dan Symantec. Sementara itu SANS Internet Storm Center merekomendasikan agar para administrator memblokir e-mail dan situs yang mengakses ke domain Merrychristmasdude.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: