Soal Situs Jahat, Cina Jadi Adidaya Dunia

 samosir

– Negeri Cina dinobatkan sebagai ‘tanah air’ situs yang mengandung program jahat terbanyak di dunia. Bahkan negara super power Amerika Serikat dan mantan adidaya lainnya, Rusia, pun tak bisa menandingi keperkasaan Cina.

Menurut penelitian vendor keamanan internet Sophos, Cina didaulat menjadi tuan rumah yang memiliki situs yang mengandung program jahat terbanyak dengan presentase 55,2 persen. Peringkat kedua ditempati Amerika Serikat dengan presentase 19,7 persen, disusul Rusia berada di posisi ketiga dengan presentase 11,4 persen.

“Cina, AS dan Rusia mendominasi pemeringkatan ini, menyumbang lebih dari 85 persen keseluruhan situs yang terinfeksi program jahat di dunia. Masalah ini terus mengglobal. Agar tak mewabah, web host harus terus melindungi keamanan situsnya,” tandas Graham Cluely, Senior Technology Consultant di Sophos seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Selasa (4/12/2007).

Posisi Cina sebagai yang paling top dalam pemeringkatan ini mungkin tak terlalu mengherankan. Negeri Tirai Bambu ini memang disinyalir kuat jadi sarang berbagai aktivitas ilegal di dunia maya. Contohnya baru-baru ini, serangan spam di hasil pencarian Google sebagian besar berasal dari domain yang terdaftar di Cina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: