10 Sikap Pemacu Karier

rado habeahan

M

engapa sebagian orang dapat dengan mudah mencapai posisi teratas di suatu perusahaan, sementara sebagian lagi sulit untuk mendapatkan promosi?

Mungkinkah kepintaran, bakat, serta kekuasaan mempermudah orang-orang tertentu untuk memiliki karier yang pesat?

Yang perlu dicermati adalah, seseungguhnya sikap seseorang merupakan faktor utama keberhasilan. Sikap lebih penting daripada IQ, pendidikan, dan faktor lainnya. orang yang berpikiran positif, hidupnya lebih sehat dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan sesama rekaj sekerja dan dapat menduduki posisi yang lebih baik. Orang yang berpikiran positif lebih pintar mencar uang. Tidak peduli dari mana anda berasal atau seberapa besar bakat yang dimiliki, sikap dan kelakuan yang baik dan benar dapat mempengaruhi karier anda. Ikutilah kesepuluh sikap yang dimiliki oleh karyawan yang sukses :

1. NASIB SAYA TERGANTUNG PADA DIRI SAYA

Bila anda menghabiskan seluruh waktu dari karier untuk menunggu terjadinya mukjizat, maka anda akan menunggu lama sekali dan mungkin penantian itu sia-sia belaka. seorang profesional yang berhasil, melakukan hal-hal yang baik dan tepat agar cita-citanya terealisir. Oleh karena itu, pastikan diri anda melakukan suatu cara yang berbeda. Anda pasti akan berhasil dan berhak untuk mewujudkan impian.

2. SEGALA SESUATU MUNGKIN SAJA TERJADI.

Apakah anda berpikir, tidak mungkin menduduki jabatan wakil direktur? Bila demikian halnya, maka anda memang tidak akan penah menduduki posisi tersebut. Ingat, jika anda berpikir tidak bisa, maka anda tidak akan pernah bisa. Tetapi bila berpikir anda bisa, maka anda pasti bisa.

3. PEKERJAAN APAPUN HARUS DILAKUKAN DENGAN BAIK

Anda tidak pernah tahu saat anda diperhatikan atau dinilai. Bila anda terbiasa melakukan pekerjaan dengan baik dan benar, maka anda tidak akan mendapatkan kesulitan untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar. Jangan lupa, apapun yang anda lakukan, pasti diperhatikan oleh atasan.

4. MENGANGGAP PENTING SETIAP ORANG

Bila perlu persikap agresif, anda pun perlu bersikap, baik dengan rekan kerja serta orang-orang yang berada disekeliling anda. Apakah menurut anda tidak perlu menjalin hubungan baik dengan sekretaris atasan? Bila demikian halnya, anda keliru. Bersikaplah sopan dan ramah terhadap orang-orang disekeliling anda. Soalnya, kita tidak pernah tahu, sikap baik itu mungkin memegang peranan penting bagi masa depan anda.

5. TIDAK TERPAKU PADA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Bila selalu merasa bahwa pekerjaan yang anda lakukan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, maka anda akan menghasilkan prestasi yang buruk. Mungkin pekerjaan yang anda lakukan tidak terlalu cocok bagi anda, tetapi pegawai yang sukses melakukan tugas yang dibebankan kepadanya dengan sebaik-baiknya tanpa peduli dimana mereka berada.

6. MEMILIKI JEJARING YANG KUAT

Pegawai yang sukses memahami dengan baik pentingnya suatu jaringan, baik di dalam maupun di luar kantor. Anda perlu bersikap pro aktif mengembangkan hubungan profesional. Ajak dan udang rekan sekerja untuk makan siang di luar. Sesekali, pergilah ke kafe sehabis jam kerja. Bergabunglah dengan Yayasan profesional. Kembangkan jaringan profesional demi masa depan anda.

7. APALAGI YANG DAPAT SAYA LAKUKAN?

Karena anda bertanggung jawab atas nasib anda, maka sudah menjadi kewajiban untuk terus mencari jalan dalam memperbaiki profesionalisme anda. Bersikap sukarela dalam melakukan pekerjaan tambahan, berminat belajar sesuatu yang baru, serta bersedia pulang terlambat untuk membantu sesama rekan bekerja. Pekerja yang sukses tidak hanya bekerja & terpaku pada jam kerja, tetapi juga bersedia melakukan lebih agar dirinya terlihat.

8. KEGAGALAN MERUPAKAN KUNCI SUKSES

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagaln dari waktu ke waktu. Perbedaan antara orang yang sukses dan orang yang gagal adalah dari bagaimana mereka menghadapi kegagalan yang dialami. Pegawai yang sukses selalu belajar dari kesalahan yang mereka lakukan dan tetap maju.

9. PERLIHATKAN KEMAMPUAN

Apakah anda menunggu sampai seseorang melihat bakat dan kemampuan anda ? mungkin sudah saatnya anda memperlihatkan kemampuan anda. Katakan keberhasilan anda dan apa yang telah anda lakukan bagi perusahaan. Pegawai yang sukses mengerti cara memperlihatkan keberhasilan mereka tanpa terkesan sombong.

10. TIDAK PERNAH BERHENTI MENCARI PELUANG

Tentu saja ada saat dimana anda puas dengan pekerjaan yang anda sedang geluti. Tetapi jangan lupa, pegawai yang sukses selalu mencari kesempatan untuk maju dan berkembang. Pasang mata, buka telinga, dan buka wawasan untuk tantangan dan kesempatan baru. Anda tidak pernah tahu, kapan akan mendapatkan sesuatu yang dapat mengubah karir anda menjadi lebih cemerlang.

 

<>Dikutip dari :

<>Bahan kuliah pagi Mahasiswa/i AMIK-D3 MEDICOM

<>Selasa, 26 Februari 2008

<>The NewRomaN

One Response

  1. pak kenapa bapak tidak datang untuk menjawab pertanyaan yang kami buat di dalam kertas itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: