Mampukah Cinta Bertahan Hingga Akhir Hayat?

Percayakah Anda bahwa cinta mampu bertahan hingga akhir hayat? Beberapa pasangan di Amerika yang telah menikah selama berpuluh-puluh tahun membuktikannya. Dari hasil scan otak yang dilakukan para peneliti, pasangan tersebut terlihat bahagia ketika ditunjukan foto pasangannya masing-masing.

Peneliti dari Rutgers University, New Jersey, mengungkapkan bahwa para pasangan yang telah menikah lebih dari 2 dekade memiliki aktivitas otak yang sama dengan pasangan muda yang baru menjalin hubungan.

Riset ini dilakukan dengan menggunakan MRI scans untuk mengetahui aktivitas otak para partisipan ketika ditunjukan foto pasangannya masing-masing. Foto tersebut akan menstimulasi area sekitar otak dan menghubungkannya dengan perasaan yang timbul saat itu.

Mereka membandingkan 17 pasangan berusia 40-65 yang telah menikah setidaknya selama 2 dekade dengan sekelompok pasangan yang baru menjalani hubungan sekitar 6 bulan.

Hasilnya, pasangan yang telah menikah selama puluhan tahun memiliki aktvitas otak yang sama dengan pasangan yang baru menjalin hubungan. Keduanya menunjukan rasa bahagia saat melihat foto pasangannya.

Hasil penelitian juga menunjukan, mereka yang baru menjalani hubungan sekitar 6 bulan lebih merasa nyaman dan tenang dalam menjalani hubungannya. Hal ini berbeda dengan pasangan yang menjalani hubungan relatif singkat. Aktivitas otak mereka lebih menunjukan pada suatu obsebsi.

“ Secara psikologi kami telah membuktikan bahwa ternyata cinta dapat bertahan hingga selamanya,” ucap Prof. Helen Fisher, pemimpin penelitian.

“Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rasa cinta mampu bertahan tidak hanya pada pasangan yang telah lama menikah tetapi juga mampu mempererat hubungan pasangan yang belum lama terjalin,” tambahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: