Trend Bisnis Online di Tahun 2009

Absennya saya beberapa bulan dari dunia blogging dikarenakan memang mau fokus terlebih dahulu meraup sebanyak-banyaknya penghasilan di internet, baik berupa dollar maupun rupiah. Di sini saya belajar banyak bahwa mencari pundi-pundi penghasilan lewat internet dalam jangka waktu pertengahan tahun 2008 hingga awal Januari 2009 sangat BERBEDA dari tahun-tahun sebelumnya.

Seperti misalnya saat tahun 2006-2007 silam yang masih sempat menikmati mudahnya meraup dollar dari Google Adsense, Sedo bahkan program-program paid review, namun kini semuanya menjadi sulit karena perekonomian dunia mulai memasuki fase krisis. Di bawah ini adalah kondisi bisnis-bisnis online yang terjadi saat ini.

Paid Per Click (PPC)
Google Adsense, Adbrite mulai menurun penghasilannya bukan hanya banyaknya saingan di internet namun sepertinya masyarakat umum sudah hafal bentuk dari iklan-iklan dari Adsense ini, sehingga yang terbiasa terjebak menjadi tidak terjebak lagi untuk mengklik iklan tersebut, selain itu web-web yang ditampilakn oleh Adsense sepertinya itu-itu saja🙂

Paid to Click (PTC)
Bisnis ini pun sudah tidak musim lagi, kecuali mengandalkan sistem referral.

Paid to Review (PTR)
tadinya diprediksi akan bertahan lama namun sekarang banyak pemilik blog yang mengeluhkan sepinya job.

MLM (Multi Level Marketing)
Bisnis ini bisa dikatakan hampir punah di dunia internet, karena bisa dikatakan hasilnya didapat lebih lama dari bisnis-bisnis lain yang telah booming di internet.

Reseller
Bisnis ini masih in hingga sekarang, namun banyaknya webiste yang menggunakan sistem reseller membuat netter kesulitan membedakan mana yang berpotensi bagus dan mana yang sekedar ikut-ikutan saja.

Foreign Exchange (Forex)
Bisnis ini termasuk yang stabil (bahkan meningkat) namun resiko kehilangan modal anda juga sangat besar.

Doman Parking
Memarkir domain masih menjadi primadona sebagian orang, meski tidak sebanyak dulu.

Masih banyak jenis program-program penghasil uang di internet namun mana yang saat ini mempunyai potensi yang besar untuk meraup keuntungan di internet hingga puluhan juta perbulan??? Jawabannya adalah MEMBISNISKAN USAHA KITA SENDIRI! Jangan lagi menjadi reseller namun cobalah untuk membuat bisnis baru lagi yang berbeda, seperti misalnya ttm (teman tapi master) saya Seodude yang membangun website dan membuat ebook (electronic book) sendiri di 10RibuVisitorSehari.com dan TrikSedo.com, ada juga seorang sesepuh Adsense yaitu CosaAranda yang telah membangun bisnisnya sendiri, inilah yang diprediksi akan menjadi trend di 2009, di mana keahlian, pengetahuan dan jasa sudah mulai dibisniskan.

Saya pribadi pun telah berniat demikian dan telah memiliki konsepnya (bahkan telah dibuat sebagian) dan kini sedang mencari tahu apakah pasar akan berminat atau tidak dengan jualan saya ini🙂

Menjadi bos (bekas orang susah) di usaha yang kita geluti sendiri sebenarnya tidak sulit, sayapun dulu pernah mencoba untuk berjualan beberapa produk secara langsung di internet dan hasilnya cukup memuaskan, maka itu apabila anda punya informasi berguna yang memang bisa dikategorikan ‘mahal’ jangan takut untuk mencoba membuat bisnis sendiri namun dengan catatan anda telah SIAP untuk segala resikonya seperti modal, persaingan, kegagalan, pembajakan bahkan kritikan pedas dari para netter yang membeli produk/jasa anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: