Membuat FTP Server Sendiri

Kalau anda seorang web developer tentunya istilah FTP (File Transfer Protocol) sudah tidak asing lagi di telinga anda. Dengan FTP kita dapat memindahkan satu file ke komputer server kita atau sebaliknya dari server ke komputer kita. Sebetulnya kegunaan FTP tidak hanyak untuk web developing aja, tetapi bisa lebih jauh misalnya secara pribadi anda mempunyai IP Static dari ISP anda dan anda bisa membuat FTP sendiri di komputer anda tersebut. Kegunaannya? Kita tetap bisa terkoneksi dengan komputer kita walaupun kita tidak di rumah. Dan jika anda tergabung dalam jaringan lokal perusahaan anda, anda bisa membuat FTP server sebagai pusat data perusahaan.

Di artikel ini saya akan menuliskan cara membuat FTP server dengan mudah (karena kalau susah saya ngga bisa hehehe). Kali ini kita akan membuat FTP Server menggunakan Filezilla Server di atas OS Windows XP Professional SP3. Sebetulnya di Windows XP Professional sendiri sudah ada fasilitas pembuatan FTP Server melalui IIS (Internet Information Services) tetapi saya kurang suka dengan IIS maka dari itu saya mencari alternatif lain.

Untuk menggunakan Filezilla Server cukup mudah:

  1. Download dulu installer-nya. Ukuran file-nya kecil koq cuman 2,3MB saja.
  2. Setelah terdownload, klik ganda file hasil download tadi.
  3. Lalu ikuti semua langkah yang ada (hanya klik tombol Next melulu).
  4. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi FileZilla Server Interface.
  5. Anda akan di suguhi layar login, untuk pertama kali biarkan password kosong lalu klik tombol OK.

6.   Perhatikan pesan yang ada, jika anda mendapat pesan seperti gambar di bawah ini, berarti anda sudah terkonek dengan FTP server anda.

 

 

 

 

 

 

7.   Jika pengguna FTP server ini berjumlah lebih dari satu, lebih baik anda mulai kelompokan pengguna menurut level-nya sehingga anda akan mudah mengaturnya nanti, juga FTP server bisa lebih aman. Buat dulu group-nya dengan klik menu Edit -> Groups. Buat group baru dengan klik tombol Add.

 

 

 

 

 

 

 

 

Jangan lupa untuk mengarahkan group ini ke satu folder home. Arahkan ke folder yang akan di akses group ini. Klik di menu kiri Shared folders. Set juga permission group yang bersangkutan ke satu shared folder yang telah di tentukan. Klik tombol OK jika semua sudah terkonfigurasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sekarang set Users. Users inilah nanti yang akan kita gunakan untuk login ke FTP server ini. Klik menu Edit -> Users. Sama dengan group, tambahkan nama dengan klik Add. Berikan nama dan pilih groupnya lalu tekan tombol OK. Untuk memberikan password pada user tersebut. Centang radio box Password dan isikan password nya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika shared folder dan user udah dibikin, sekarang tiba saatnya untuk mencoba. Anda bisa memakai FTP client seperti Filezilla atau menggunakan FTP tool punya Windows. Kasus ini saya akan menggunan FTP tool punya Windows. Klik Start -> Run, ketik cmd di kotak isian lalu tekan enter. Ketikkan di prompt ftp 127.0.0.1 lalu tekan enter. Jika setting anda sudah benar semua, maka FTP client pun tersambung ke sistem anda

 

 

 

 

 

 

Semua aktifitas client akan di tampilkan di tampilan FTP server.

 

 

 

 

 

 

 

Selesai sudah! Tidak rumit kan? Intinya Download, instal, buka, beri group & nama dan set folder yang akan di akses. That’t it… simpel sekali. Semoga membantu.

4 Responses

  1. mas thanks ya atas software ma info nya ?mas aku boleh berlangganan info ftp nya mas kagak?cz aku perlu banget buat uji kompetensi aku?hehehe…

  2. bro mana gambarnya gk keliatan lagi, diupload ulang dunk ambarnya, percuma tutorialnya klo gak ada gambarnya gak bakal mudeng.
    plissssss

  3. makasih iya ilmu nya pak
    makin sukses dan bisa tercapai semua keinginan nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: