Membuat Facebook Page untuk Perpustakaan

Facebook adalah aplikasi web yang menghubungkan orang-orang dalam hubungan sosial yang berkaitan. Kekuatan yang digunakan adalah dengan memberikan otoritas kepada facebook untuk mengakses daftar alamat yang tersimpan di email kita dan memberikan rujukan kepada rekan2 yang ada dalam lingkaran sosial kita. Dengan fasilitas “people you may know”, kita dapat menemukan dan menyeleksi orang2 yang memiliki hubungan dengan kita. Lingkaran hubungan sosial inilah yang dapat kita manfaatkan sebagai target layanan perpustakaan.

Selain memberikan account untuk individual, facebook juga memberikan kesempatan bagi kita untuk membuat facebook page untuk mewakili entitas lain. Misalnya icon seni, suatu tempat wisata, gedung2 bersejarah, perusahaan maupun lembaga seperti perpustakaan. Perpustakaan dapat memanfaatkan facebook page sebagai sarana memelihara hubungan dengan pengguna maupun meraih pengguna baru. Berikut ini panduan untuk membuat facebook page perpustakaan anda.
Untuk halaman perpustakaan, facebook menempatkannya dalam kategori lokal atau pembagian geografis. Pilih “local” kemudian pilih “Library / Public Building”.
Kemudian tulis nama perpustakaan anda. Isi huruf verifikasi keamanan di dalam box. Kemudian klik tombol “Create page”. Sebuah halaman baru akan dibuat secara otomatis oleh mesin dengan format berikut ini.
Klik “Upload picture” di bawah kotak dengan simbol tanda tanya untuk mengupload foto perpustakaan anda. Kemudian lengkapi informasi dasar seperti alamat, nomor telepon, jam buka. Serta informasi detil mengenai website lembaga anda atau website resmi perpustakaan anda dan informasi umum yang menggambarkan perpustakaan. Misalnya jenis perpustakaan, cakupan koleksinya dan lain-lain.

Facebook page memberikan sejumlah fasilitas menarik yang bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan kegiatan perpustakaan. Apalagi bila perpustakaan anda berupa perpustakaan sekolah, universitas atau perpustakaan umum. Anda bisa menggunakan fasilitas ini sebagai penghubung kepada patron yang anda layani.

Fasilitas dasar yang ada antara lain:

Mini Feed

Merupakan aplikasi yang mengupdate secara otomatis perubahan2 apa saja yang anda lakukan di Facebook Page anda. Pengunjung akan melihat bahwa anda melakukan pemeliharaan rutin terhadap page anda. Anda juga bisa memanfaatkan mini feed untuk menyedot informasi dari website lain yang memiliki xml atau rss feed. Misalnya mengambil rss news dari website surat kabar atau jurnal ilmiah atau ke website anda sendiri.

Information

Dapat digunakan untuk memberi informasi tambahan tentang perpustakaan and. Dapat anda isi dengan nama pustakawan yang bertugas lengkap dengan informasi saluran komunikasinya di email, YM, Skype.

The Wall

Fasilitas ini seperti sebuah buku tamu. Kita bisa menjawab pertanyaan di sini, ataupun berkunjung ke buku tamu mereka lalu meletakkan pesan di sana.

Discussion Board

Merupakan fasilitas papan diskusi terstruktur berdasarkan thread atau topik. Manfaatkanlah untuk mempromosikan koleksi atau untuk mendekatkan pengunjung dengan layanan yang kita selenggarakan.

Fans

Pengunjung dapat mengekspresikan dukungannya dengan menjadi fans perpustakaan anda. Mungkin ini tidak dapat begitu saja dijadikan gambaran tentang arti penting perpustakaan anda. Tapi anggaplah ini sebagai sebuah saluran umpan balik dari pengunjung.

Photos dan Video

Anda bisa mengupload foto2 perpustakaan anda. Namun sebaliknya pengunjung juga dapat mengupliad foto2 yang mereka buat di perpustakaan anda. Tentu saja, anda bisa memoderasi foto2 dan video yang mereka upload.

Events

Fasilitas Events adalah salah satu fasilitas yang menarik. Karena anda bisa menjadwalkan sebuah rencana kegiatan dan mengundang para peminat untuk mengkonfirmasi kehadiran mereka. Facebook akan otomatis membuat satu page untuk setiap kegiatan. Dimana peminat kegiatan tersebut sebelum atau sesudah kegiatan berlangsung, dapat memanfaatkan fasilitas2 yg sama seperti yang kita buat pada Facebook library page. Karena itu bangunlah daftar contact yang selektif di facebook account anda. Agar anda dapat dengan mudah menyusun daftar undangan yang efektif.

Notes

Adalah fasilitas blogging sederhana. Anda bisa menulis catatan2 kecil anda secara langsung. Ataupun mengimport dari blog resmi perpustakaan yang sudah ada. Facebook page memang hanya sebuah titik pendekatan, sebuah gerbang saja. Semua informasi yang ditampilkan disini bisa diambil dari website resmi anda.

Share

Share memberikan kemampuan bagi siapa saja, termasuk anda sendiri, untuk merekomendasikan facebook page anda kepada rekanan mereka. Ini merupakan tools yang menarik, karena kita akan dikejutkan, betapa banyak orang2 diluar friendslist kita yang mendapat rekomendasi.

Application

Selain fasilitas2 di atas. Ada ribuan aplikasi yang bisa kita tambahkan di Facebook Page anda. Caranya klik “Edit Page’.
Anda akan beralih ke halaman Admin. Di halaman ini lah anda dapat mengubah2 setting, menambahkan rekan anda sebagai administrator danambahkan “aplication”.

Scroll ke bagian bawah halaman ini dengan kursor anda. Kemudian klik “More Application”. Anda bisa memilih ribuan aplikasi yang berguna seperti rss import, cause, worldcat dan lain-lain.

Setelah semua setting selesai. Anda dapat menerbitkan halaman facebook perpustakaan anda dengan mengklik link di bagian paling atas. Halaman anda akan bisa dikunjungi dari seluruh dunia. Kemudian gunakan fasilitas share untuk mengumumkan keberadaan page tersebut ke semua kontak anda.

Selamat mencoba!

****

Oh iya, tentu saja ini juga bisa dipake buat lembaga lain.

Bila ada pertanyaan lebih lanjut silahkan email ke Bagus di b.utomo [at] cgiar [dot] org atau listmanager_2 [at] yahoo [dot] com

***

Buatlah account di facebook, caranya buka http://www.facebook.com. Kemudian sign up/mendaftar dengan menggunakan email yang anda miliki. Setelah proses pendaftaran selesai. Cek email anda. Anda akan menerima email pemberitahuan yang berisi sebuah link verifikasi. Klik link tersebut agar account facebook anda secara resmi diaktifkan.
Untuk mebuat facebook page, buka URL berikut:

http://www.facebook.com/pages/create.php

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: