Menggunakan Facebook Untuk Bisnis

Facebook sudah terkenal dimana-mana, siapa yang tidak tahu Facebook. Ya, Facebook adalah sebuah jejaring sosial, namun apakah maksudnya? Bagaimana Facebook bekerja dan apa yang dapat dilakukannya untuk seorang pebisnis? Untuk seorang pebisnis, facebook berarti sebuah daftar kontak bisnis, profil Anda, grup bisnis, daftar prospek, aplikasi media sosial (dan masih banyak lagi). Artinya melalui jejaring sosial yang membagikan informasi, Anda dapat menemukan banyak kesempatan untuk berhubungan dengan orang lain.

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa Anda mesti menggunakan facebook untuk kegiatan bisnis:

Alasan 1 – Facebook adalah tool internet marketing dengan sistem viral. Sedikit contoh. Setiap kali Anda login di Facebook, bagian homepage memberikan Anda update dari setiap relasi yang Anda miliki dimana mereka telah memutusukan untuk membagikannya kepada siapapun sejak terakhir Anda login via profil mereka. Dan ketika orang lain mengunjungi akun Facebook Anda, mini-feed Anda yang berada pada bagian atas halaman profil Anda adalah yang pertama mereka lihat yang terdapat update setiap kegiatan Anda. Dengan kemampuan ini, Anda dapat menyebarkan berita ke Facebook Anda. Jika mereka menemukan sesuatu yang menarik dan melakukan suatu aksi/respon, maka aksi/respon mereka tersebut akan terlihat juga kepada setiap koneksi/relasi mereka. Artinya, berita Anda akan cepat tersebar kemana-mana.

Alasan 2 – Facebook adalah yang terbaru dalam social presence marketing. Social presence marketing adalah aktifitas promosi dimana seseorang ikut berpartisipasi dalam diskusi yang sudah berjalan pada market yang Anda targetkan, Anda berusaha untuk memberika sesuatu yang menambah manfaat dari suatu disukusi ketimbang mencoba untuk mengacaunya. Di Facebook, sangat mudah untuk memberikan kontribusi dalam suatu komunitas, dan sangat mudah bagi seseorang untuk menemukan Anda.

Alasan 3 – Target market Anda memberitahukan kepada Anda apa yang mereka inginkan, dan sangat mudah untuk menemukannya. Setiap orang yang gabung di Facebook memiliki opsi untuk mengisi profil mereka. Anda dapat mencari profil berdasarkan keyword, atau menemukan grup da events berdasarkan keyword. Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis yang menjual suplemen untuk mengurangi berat badan, Anda dapat bergabung dengan grup fitness. Selain memberikan pesan marketing, Anda juga bisa memberikan saran-saran. Siapa saja yang ingin belajar, atau menggunakan jasa Anda, akan berkunjung ke profil Anda, dimana mereka dapat melanjutkan untuk berkomunikasi dengan Anda, atau juga bisa Anda arahkan kepada website Anda.

Alasan 4 – Sebagian besar orang menggunakannya, menggunakannya setiap hari. Coba Anda pikirkan, berapa banyak subscriber atau pengunjung website/blog Anda per bulan. Berapa banyak dari mereka yang mengunjungi website/blog Anda setiap harinya? Anda bisa meningkatkan jumlahnya dengan ikut berpartisipasi dalam tool gratis yang mereka gunakan setiap hari. Kesempatan tersebut ada di Facebook. Jutaan orang menggunakan Facebook saat ini, sebagian besar menggunakannya setiap hari. Mengapa mereka melakukan ini? Apa yang Saya lihat adalah merea yang login setiap hari terhubung dengan banyak orang dan informasi. Mengapa itu bukan Anda dan informasi Anda?

Alasan 5 – Lebih bagus, koneksi online yang lebih tangguh. Facebook memiliki kemampuan untuk membantu Anda menemukan orang yang Anda kenal, atau ingin Anda kenal. Percakapan dimulai dengan berbagai hal, seperti hobby, update status dan pengingat ulang tahun. Informasi dibagi secara langsung, viral, dan tanpa biaya. Anda dapat mengontrol kualitas data dengan mengontrol kualitas orang-orang yang terhubung dengan Anda. Oleh sebab itu orang-orang yang mengerti tentang Facebook menggunakannya dengan hati-hati dan selalu teliti mengenai kualitas berita yang mereka terhubung kedalamnya.

Alasan 6 – Marketing yang membabi-buta sudah tidak laku dan mengurangi tingkat efektifitas. Sales letter tradisional dapat bekerja, namun saat ini menjadi semakin penting untuk membuat impresi yang lebih baik dengan audiens Anda sebelum mereka secara aktual berkunjung ke website Anda. Dengan Facebook, kontribusi pengetahuan dan ide ke dalam diskusi yang sedang berlangsung akan membawa lebih banyak orang kepada Anda.

Alasan 7 – Klien Anda dan klien kompetitor Anda mungkin sudah ada dalam Facebook. Dengan banyaknya pengguna Facebook saat ini, dan semakin banyaknya pengguna baru, sangat mungkin market yang menjadi target Anda ada dalam Facebook. Dengan kemampuan Facebook dalam membangun relasi yang terpercaya dengan klien dan prospek Anda, maka dengan bergabungnya mereka ke dalam grup Anda, atau menambahkan Anda sebagai daftar teman mereka untuk berinteraksi, maka ini sudah merupakan opt-in. Anda bisa melakukan interaksi yang lebih intens dengan mereka, melalui foto, video, private messages, public messages, Anda dapat membangun kepercayaan mereka dengan usaha atau bisnis Anda.

http://alamvagabond.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: