Trik Mengatasi Printer Error/Bermasalah

Pada kesempatan kali ini, kartolocyber akan membahas bagaimana cara mengatasi printer yang bermasalah atau error. Ini bisa dibilang sebagai P3K untuk memperbaiki printer sendiri. Tentunya sebelum kita bawa ke tukang service printer. Karena biayanya diatas 50.000. Rata – rata kerusakan printer dan plotter itu hampir sama, walaupun tipe nya berbeda. Seperti canon pixma, epson stylus, hp, semuanya bisa dibilang hampir sama kerusakannya. Baik kartridge ataupun pengisian tinta. Nah, berikut ini tips mengatasi printer bermasalah atau error sendiri.

Yang pertama, Printer blinking/lampu berkedip artinya printer sedang bermasalah. Kejadian seperti itu akan sangat mengganggu aktifitas printing anda. Lampu indikator printer blinking dapat disebabkan pengisian tinta anda berlebihan, port cartridge terkena tinta, sensor printer rusak atau cartridge anda telah rusak. Banyak masalah seputar printing baik printer biasa, digital, plotter designjet, dan sebagainya.

Solusinya :

1. Kelebihan tinta
Sedot saja kembali tinta yang mbludak dan bersihkan headnya dengan tisue basah.

2. Port cartride basah
Bersihkan dengan tisue kering atau kain yang halus.

3. Sensor port printer rusak
Silahkan beli printer baru. Karena harga sensor tidak begitu jauh dengan harga printer, itupun belum tentu ada.

4. Kartridge rusak
Jika cara 1 & 2 tidak berhasil berarti kartride anda telah rusak. Silahkan beli yang baru.

Kartridge kering karena lupa mengisi terkadang juga akan menjadi masalah, karena meskipun telah diisi ulang tapi hasil tidak sempurna karena head berkerak. Solusinya adalah rendam head kartride anda dengan air panas sedalam kurang lebih 1/2 cm sekitar 1/2 jam, kalau perlu tiup dari lubang atas. Atau dapat juga anda rendap di cairan alkohol sebagai pengganti air panas. Jika cara itu tidak berhasil, bawa saja ke bengkel, karena bengkel punya alat penyedot kusus untuk mengatasi masalah itu.

Beberapa pabrikan printer merancang cartride dan printer hanya dapat digunakan untuk jangka atau jumlah pencetakan tertentu, sehingga jika telah mencapai titik batas, printer tidak dapat digunakan lagi. Karena di dalam printer dipasang cip khusus untuk merekam semua perjalanan printer anda. Solusinya, jika software printer anda sudah terpasang silahkan anda remove. Cabut semua kabel printer ke CPU. Siapkan CD Drive printer anda. Kemudian pasang kembali kabel printer anda tadi ke CPU, beberapa saat komputer meminta drive, pada saat itu masukkan CD drive anda ke CD room, setelah drive printer anda terinstall segera keluarkan CD drive anda, dg tujuan software pendukung printer yg lain tidak terinstall. Jika sudah terlanjur procesing, tunggu sampai wisaya yg menampilkan cancel dan next, silahkan klik cancel dan keluarkan CD drive anda.

Jika langkah diatas tidak berhasil, cabut kembali kabel printer anda. Selanjutnya pencet tombol on off printer anda dan tancapkan kembali kabel printer, tahan pencetan tadi 10-15 menit dan lepas. Tindakan itu akan mereset printer anda sehingga memori cip akan terhapus.

Jika masih belum berhasil silahkan anda bawa ke bengkel. Bengkel komputer punya software khusus untuk mereset cip printer anda. Jika semua langkah di atas tidak berhasil silahkan ke toko printer terdekat.

Tips:
Jika anda membawa printer dengan kendaraan sepeda motor, lepaskan cartride anda dan taruh di tas atau saku. Bila perjalanan jauh, lebih baik anda sedot dulu saja tintanya. Jika tidak ingin kartride anda rusak/mati.

Demikian artikel tentang trik mengatasi printer yang bermasalah. Mudah-mudahan printernya, plotter designjet bisa normal kembali. Oh, ya, ini artikel tentang cara mereset printer sendiri. Siapa tahu berguna juga.

Semoga bermanfaat.

3 Responses

  1. mohon petunjuk
    nya,sy memiliki plotter hp500ps,printhead dan beltnya br sy ganti. stlh sy gsnti,system error. kira2 bgmn tips menangainya? mksh

    • saya mempunyai printer canon p 1980 saya ganti pakai tinta infus tapi sulit untuk konek mohon petunjuk

  2. sangat membantu. kunjungi balik canon experiment jobs at canonprinter99x.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: