Tips Mencari Web Hosting Gratisan di Internet

         Beberapa waktu lalu banyak rekan penulis yang bertanya masalah free web hosting. Semuanya bertanya “Dimanakah saya bisa cari web hosting yang FREE tapi bagus ya mas?”. Pertanyaan yang sebenarnya sangat mudah jika Anda tahu dimana harus mencarinya. Sebelumnya apa sih yang dimaksud dengan web hosting gratisan ini? Web hosting gratisan adalah perusahaan jasa web hosting yang memberikan space web secara gratis di internet. Mereka melakukan hal ini dengan berbagai alasan diantaranya yaitu untuk promosi, pelengkap dari program komersial mereka atau juga disediakan bagi Anda yang ingin belajar membuat website tanpa harus membayar biaya hosting terlebih dahulu.
Ada dua portal bagus di internet yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih web hosting gratisan. Alamatnya di http://www.freewebspace.net/. Web ini sudah lumayan lama umurnya, sudah ada mulai tahun 1998 dan dikelola oleh Per Olof Sandholm. Situs Free Web Space ini sangat informatif dalam memberikan panduan mengenai web hosting yang gratisan. Ada pilihan fasilitas search yang menarik pada situs ini, yang pertama adalah Simple Search. Pada Simple Search ini kriteria yang digunakan hanyalah ukuran dari web space yang diberikan (misalnya 5 MB). Lain lagi pada fasilitas Advanced Search-nya. Disini Anda bisa mencari web hosting gratisan secara lebih detail lagi, ini memang diperuntukkan bagi pada advanced user. Pada pencarian detail ini Anda bisa mencari web hosting gratisan berdasarkan ukuran web space, apakah ada iklan atau tidak, apakah support ASP, PHP atau CGI atau tidak, apakah support database atau tidak dan masih banyak lagi yang lain. Hasil pencariannyapun lumayan bagus dan terkadang diberikan pula review atau komentar mengenai web hosting gratisan yang bersangkutan.

Jika Anda sedang membutuhkan web hosting gratisan dengan kriteria tertentu maka Anda bisa menggunakan situs ini sebagai salah satu panduan Anda. Berikut ini akan ditampilkan screenshot dari form pencarian detail web hosting gratisan pada www.freewebspace.net.

Portal berikutnya mengenai web hosting gratisan adalah Free Webspace Review yang memiliki alamat di http://www.freewebspacereview.net/. Anda bisa langsung memilih fasilitas Advanced Search pada situs ini dan di dalamnya terdapat banyak pilihan kriteria yang bisa Anda gunakan. Gambarnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Demikian artikel singkat mengenai panduan mencari web hosting gratisan yang saat ini banyak sekali tersedia di internet. Anda bisa mencoba sesuai kebutuhan Anda dan silakan berkreasi dengan website yang sudah Anda buat.

2 Responses

  1. iya memang banyak ya free..tapi hosting free..banyak keterbatasannya. kalu untuk bisnis mending cari hosting yang berbayar

    untuk menambah informasi mungkin anda bisa berkunjung di http://tipswebhosting.googlepages.com/

  2. web hosting gratis dari indonesia

    http://sriwijaya.net
    space 300MB pakai cPanel

Leave a comment