Bagaimana Caranya Menjadi Seorang Programmer Komputer..?

     Bagaimana caranya menjadi seorang programmer komputer? Apa saja yang perlu dipelajari untuk bisa memprogram komputer? Ini juga termasuk pertanyaan yang tidak jarang diajukan oleh pengunjung situs ini. Tentu saja, yang mengajukan pertanyaan semacam ini adalah mereka yang bukan berlatar belakang informatika. Kemampuan pemrograman komputer saat ini memang bukan monopoli mahasiswa maupun sarjana informatika saja. Selain bisa dipelajari secara otodidak, beberapa jurusan non-informatika di perguruan tinggi juga memasukkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam kurikulum mereka.

Mempelajari pemrograman komputer sebaiknya dimulai dari mempelajari bahasa pemrograman yang relatif sederhana terlebih dahulu. Bahasa Pascal/Turbo Pascal maupun C/C++ merupakan alternatif yang baik untuk memulai. Di kebanyakan perguruan tinggi, Pascal merupakan bahasa pemrograman pertama yang diajarkan kepada mahasiswa jurusan informatika. Ini karena Pascal merupakan bahasa pemrograman yang sangat terstruktur sehingga memungkinkan mahasiswa untuk belajar mengasah logika pemrograman. Sementara itu, di perguruan tinggi yang lebih maju, semacam ITB atau UI, para mahaiswa semester awal akan langsung dikenalkan dengan bahasa C dengan pertimbangan bahwa penggunaannya lebih luas ketimbang Pascal sehingga lebih aplikatif. Bagi yang belajar pemrograman secara otodidak, saya sarankan untuk mulai dari Pascal dahulu, dan berikutnya barulah mempelajari C.

Saya tidak akan menyarankan untuk mempelajari beberapa bahasa pemrograman sekaligus secara simultan. Hal ini hanya akan membuat bingung sehingga malahan akan memperlambat proses belajar. Saya cenderung menyarankan untuk mempelajari dan menguasai secara sungguh-sungguh pada satu bahasa pemrograman tertentu. Sekali kita menguasai sebuah bahasa pemrograman, tidak sulit untuk mempelajari bahasa pemrograman lain. Pada pokoknya, setiap bahasa pemrograman hanya memiliki perbedaan pada sintaks dan cara-cara pendeklarasian variabel, konstanta, maupun hal-hal khusus semacam array, pointer, atau linked list (perkecualian ada pada bahasa assembly atau bahasa dengan struktur ‘nyeleneh’ semacam Prolog). Itulah sebabnya bagi mereka yang sudah akrab dengan pemrograman komputer, tidak akan terlalu kesulitan untuk mempelajari bahasa pemrograman baru.

Mirip seperti kegiatan hacking, pemrograman komputer lebih banyak mengandung unsur seni ketimbang teknis. Mempelajari ‘seni’ pemrograman merupakan hal yang tidak kalah pentingnya selain mempelajari bahasa pemrograman itu sendiri. Subjek-subjek semacam teknik flowchart, struktur data, maupun logika dan algoritma pemrograman adalah hal yang perlu dipelajari untuk memahami ‘seni’ memprogram komputer. Juga jangan lupa untuk mempelajari teknik-teknik pemrograman semacam OOP (Object Oriented Programming, Pemrograman berorientasi objek). Semua itu akan sangat berguna dalam kegiatan pemrograman yang sesungguhnya, terutama untuk membuat aplikasi-aplikasi yang kompleks.

Beberapa bahasa pemrograman didesain untuk keperluan khusus. Bahasa assembly perlu dipelajari apabila kita ingin menjadi programmer sistem yang banyak melakukan akses pada hardware. Sebaliknya, beberapa bahasa pemrograman didesain untuk mengembangkan aplikasi yang spesifik. Bahasa Cobol misalnya, lebih banyak digunakan untuk aplikasi bisnis sementara Prolog biasanya dipakai untuk menciptakan software yang memiliki kemampuan expert system/sistem pakar (semacam teknik kecerdasan buatan). Tidak perlu kemaruk mempelajari semuanya. Cukup pelajari bahasa pemrograman yang sekiranya dibutuhkan saja.

Untuk ukuran saat ini, bahasa pemrograman visual dibawah lingkungan Windows seperti Visual Basic atau Delphi merupakan bahasa pemrograman ‘favorit’ para developer Untuk mereka yang berkecimpung dalam pemrograman database, penguasaan terhadap SQL dan variannya (MS SQL, MySQL maupun PosgreSQL) merupakan nilai tambah. Sementara itu, penguasaan bahasa C merupakan keharusan bagi para programmer yang berkutat dengan OS Linux maupun pengembang software yang sifatnya lintas platform.

Terakhir, komputer dan pemrogramannya adalah dunia yang terus berkembang secara dinamis. Jangan berpuas diri dengan kemampuan yang dimiliki saat ini. Bahasa dan teknik pemrograman baru terus bermunculan dari waktu ke waktu. Seorang programmer sejati tidak pernah berhenti belajar dan mengasah kemampuannya.

Segala macam pertanyaan atau komentar bisa dikirimkan ke email surat@radohabeahan.site.oi Terimakasih.

41 Responses

  1. jadi programmer komputer ga sulit cuma butuh kesabaran dan mencoba , ingat jangan kebanyakan belajar teori karena dalam kenyataannya teori yang dipelajari tidak semuanya dipakai
    putralovers.com

  2. saya mau tanya nih … bagaimana dan apa yang harus saya lakukan agar saya bisa mahir dalam visual basic 6 . karena ilmu yang saya dapatkan masih sangat sedikit dan masih perlu saya kembangkan lagi …… terima kasih dan sukses selalu buat anda …..

    mohon bantuannya …. ???

  3. Artikel ini adalah artikel yang bagus. Saya tertarik untuk belajar lebih banyak tentang komputer dan bahasa pemrogramannya.

  4. kasij tau donx cara belajar progamnya.
    ada e-book nya gak???

  5. saya sangat tertarik dengan dunia komputer,
    terutama programmer,
    tapi saya masih baru tahu tentang komputer,
    apa yang harus saya lakukan supaya
    saya bisa membuat program
    dan kira-2
    berapa biayanya
    terima-kasih

    Geo

  6. visual basic itu apa mas

  7. ka,, e-mailnya apa?? sya mau sering sering soal basaha pemrograman

  8. ka…dasar2 apa saja sih yang harus diketahui oleh programer?

  9. Mau tanya,pekerjaan seorang programmer it seperti apa aja..?

  10. Sbnrya sderhna aja. Se orag programer yg mbuat sofware sma sja dg se urag tukag cendol.. Tkg cndol mcoba mcampur dr berbagai bahan dan di jadikn satu al hasilnya tryata enak di minum.. Sama jg programer me ngabung2 kan printah programer dan hslnya adlh sofware yg d khendakinya. Bener ora mas?

  11. emmmm

  12. saya ingin mendalami bidang programming
    tapi saya ragu dengan kemampuan logika komputer saya..

    apakah logika komp itu bisa dipelajari atau kemampuan alamiah

    mohon dukungan dan sarannya. TRIM’s ^^

  13. ka……………
    pengen belajar banyak tentang program komputer nihh…….. saya sangat tertarik sama artikel kaka….
    ardanoize@yahoo.com add ya

  14. Hi, Salam kenal… iseng2 bertanya dengan Om google akhirnya saya pun sampai disini. ok, seorang diploma teknik komputer, 1 tahun terakhir ini saya bekerja sebagai web administrator. sebelumnya saya bekerja sebagai teknikal support jaringan internet di salah satu hotel di jakarta. sekarang, saya mnjadi bingung.. sebenarnya mana yang lebih baik, menjadi seorang programer or network administrator? (masih dalam pencarian jatidiri), terus terang saya tertarik dengan programer… mohon pencerahannya…

  15. met sore bang Rado, saya ada tawaran dari suatu perusahaan importir yang minta untuk dibuatkan software, apakah bang Rado bisa bantu buatkan dengan perjanjian bagi komisi dengan saya?

  16. bagaimana sih cara belajar programer , , saya ingin menjadi programer otodidak yg baik …
    trimakasih

  17. ka,,,,,,,,dasar2 apa sja yg hrus di pelajari oleh se orang programer,,,,,,,,,?????
    sya sangat tertarik dengan dunia computer terutama programer ,tpi sya msih bru dan ingin belajar .
    k,,sy mhon sarannya,,,,,dsar2 ap sja yg hrus sy pelajari trims,,,,,,,,,,,

  18. ka…bisa di sebut seorang programer harus berapa kasus yang bisa di pecahkan dalam pemograman dan spesifikasi kemampuan apa saja soalnya saya ragu apakah saya sudah memenuhi kriteria sebagai seorang programer atau tidak tolong pencerahanya ka

  19. pendidikan apa yang menunjang belajar programer?

  20. Bantu saya utk jadi seorang programer komputer

  21. seru bngt low bsa gabung

  22. saya baru kenal komputer 2011 sma aja ga lulus.tapi say sudah mengetahuai dasar2 dari desain grafis,jaringan,dan bahasa progremer tapi saya bingung belejar tanpa guru apa saya bisa jadi seorang progremer?tapi minat saya besar pada dunia progremer.

  23. Belajar awal itu pertama lewat Visual basic gampang kok cuman perlu tutor dan bimbingan,ada tempat kursusnya kok banyak, yang susah itu penggabungan itu, bikin button aja udah susah apalagi bikin plug and playnya, kalo masih sekolah mending belajar Visual basic C baru nanti kuliah dalemin lagi apa kek PHP, intinya kalo paham pasti gampang

    • saya sangat trtarik dngan dunia programing. .wlau sya gk kuliah di it. . Knpa ngga sya c0ba blajar program. . Hhi

  24. makasih infonya bang..
    saya masih skolh di SMA tp saya ingin blajar dari awal tuk jadi progamer hehehehe…..
    trims

  25. C# will be a good start point for everyone who is no previous programming experience at all.It’s also can port to many platform.(although it’s much slower if it compare to C++). But for portability, C# is your choice.(or maybe Java)

  26. mau jadi progremer….bingung mau mulai dari mana?? karna otodidak

  27. sy trtarik utk mnjdi seorg programmer..
    sy prempuan.. kta guru saya prmpuan itu agk sulit kalo jd programmer, sy jd ragu ,w jd seorg programmer,,
    sarannya dong.. sy pngen majuin kecamatan saya.. 🙂

  28. Just shared aja nih, ane lulus kuliah 2010 awal, dengan menggunakan visual foxpro. dan setelah saya kerja jobdesknya di bagian jaringan.
    jadi menurut ane bagi newbie atau yang mau jadi programmer perbanyak keahliannya aja, soalnya pengalaman ane di dunia kerja, perusahaan rata2 ingin karyawannya double skill.
    Best Regards

  29. saya pngen bgt jd programer mas….
    cma saya baru SMA di program ipa dan blom ngerti apa itu programer dan apa yang harus saya pelajari sejak SMA untuk jadi programer…..

    tolong pencerahannya maS…
    tolong kasi saran ke
    vi.king17@yahoo.co.id
    atw 08980775180

  30. Menjadi seorang programmer handal membutuhkan waktu dan harus banyak belajar.. Artikel yg bagus mas. salam sukses

  31. saya sangat tertarik untuk belajar pemograman, :> hal dasar apa yang harus saya pelajari dalam pascal?
    gomawo!

  32. Ada berapa macam bahasa pascal..?

  33. Aku malah baru belajar dari nol

  34. bang saya ini anak tkj, saya belajarnya networking jaringan tpi sya lebih tertatik jdi programmer, bisa jelasin dasar”nya.

  35. bang sya mau nanya cara melihat tabel yang sudah di buat di My SQL bagaiamana?

  36. Saya sarjana komputer, saya sudah lulus S1 2th yg lalu umur saya skrg 29 tahun, tapi penguasaan dan pengetahuan saya tentang bahasa pemrogramaan sangatlah minim. Apakah masih mungkin klo saya blajar bahasa pemrograman lagi ?

  37. komputer itu paling bagus belajarnya dengan teknik praktek bukan cuma teori.

Leave a comment